6 Tanda Training Provider Bagus Yang Patut Anda Kenali

Kata-Motivasi-Tanda-Training-Provider-Bagus-Yang-Patut-Anda-Kenali

Anda pernah tidak puas dengan jasa training provider pilihan Anda? Berapa kali Anda merasakannya? Apakah sulit menemukan lembaga vendor training yang bagus & berkualitas?

Bila jawabannya ya, yakinlah. Anda tidak sendirian. Banyak perusahaan yang memiliki pengalaman ini. Meski Anda & Team sudah sangat selektif dalam pemilihan provider in house training, hasilnya belum juga sesuai harapan. Sebab peserta nampak belum berubah.

Maksud hati memberi training SDM untuk karyawan dengan tujuan agar mereka berubah. Pola kerjanya jadi lebih baik. Performance meningkat. Produktivitas bertambah.
Pada kenyataannya Minggu ke-2 sesudah training, mereka kembali ke rutinitas awalnya. Alias tidak ada perubahan yang bermakna.

Mungkin kejadian tidak mengenakan itu membuat Anda merasa kesulitan dalam menemukan lembaga training provider yang bagus. Berikut langkah yang baik untuk menemukan provider training yang tepat.

6 tanda provider training yang bagus untuk memudahkan Anda dalam memilih :

Tanda pertama, spesial & ahli di bidang lembaga training

Lihatlah pengalamannya, seberapa baguskah mereka dibidangnya. Contoh dalam pelatihan procurement, SDM atau leadership training. Seperti apa detail topik-topiknya. Semakin unik judulnya, semakin tinggi tingkat kepandaian pembicaranya dan semakin istimewa mereka di bidangnya.

Jangan tertipu dengan ucapan manis. Tunjukkan sehebat apa mereka di bidangnya. Beri contoh persoalan yang biasa terjadi pada karyawan, supervisor atau manager yang biasa Anda alami.

Kemudian tanyakan apa jalan keluarnya dan tema yang tepat. Apakah narasumber mereka mengalami hal yang serupa. Simak penuturannya. Langsung ke intinya atau malah panjang dan berujung tidak jelas. Membuat Anda galau dan kurang mengerti.

Hal seperti ini menandakan bahwa vendor training jasa pelatihan karyawan tersebut tidak handal di bidangnya.

Tanda kedua, para pembicaranya praktisi leadership yang berpengalaman & bersertifikat.

Profesional tidaknya sebuah lembaga training terlihat dari para pembicaranya. Terutama dari pengalaman mereka menjadi narasumber di suatu perusahaan. Trainer atau pembicara yang mahir di bidangnya merupakan para praktisi sesungguhnya bukan hanya sekedar teori.

Banyak provider yang mempunyai banyak topik dari leadership, SDM, marketing sehingga terkesan bercampur aduk. Apa pun yang diperlukan narasumber, mereka tetap memakai pembicara training yang sama. Tidak khusus di bidangnya.

Ini menandakan mereka project minded. Yang penting memiliki project, uang dan mendapat keuntungan. Bukan kepada kualitas apalagi adanya perubahan. Jika Anda berjumpa dengan penyedia jasa training semacam ini lebih baik langsung dihapus dari daftar Anda.

Atau mungkin saja ketika proses seleksi lembaga training Anda menemukan vendor yang trainernya tidak handal di bidangnya. Pengalamannya sedikit. Tapi harga nya murah. Dan inilah yang membuat Anda serta tim sepakat untuk memilihnya.

Padahal jika seperti ini, pelatihan SDM yang Anda selenggarakan malah jadi sia-sia dan tidak bermanfaat. Selain mengeluarkan uang perusahaan, membuat karyawan tidak tertarik untuk ikut pelatihan yang Anda selenggarakan. karena hanya menghabiskan waktu kerja mereka.

Tanda ketiga, mengubah cara pandang, sikap & perilaku peserta

Provider in house training yang berkualitas memberikan perubahan. Dimulai dari cara pandang, sikap maupun tingkah laku tiap peserta. Dan semua itu terbukti nyata. Tidak sekedar omongan belaka.

bisa dilihat dari laporan yang terukur jelas. Di dukung bukti nyata yang menunjukan adanya perubahan. Tentunya ini bukan pekerjaan mudah. Oleh  sebab itu hanya provider besar, profesional & sesuai di bidangnya yang dapat melakukannya. Karena hasil menunjukan kualitas.

Tanda keempat, memiliki sistem pengembangan lanjutan untuk peserta

Tidak banyak provider inhouse training yang mempunyai pengembangan lanjutan untuk peserta. Ditambah lagi membangun engagement setelah mengikuti workshop /pelatihan.

Pada umumnya disebut maintenance setelah mengikuti training. Jadi masih dapat berkomunikasi dengan peserta. Nah untuk menciptakan engagement ini diperlukan biaya sistem & ketrampilan khusus untuk meningkatkan mereka. Dan harus konsisten.

Minimal satu minggu sekali mereka memperoleh pengetahuan / berbagi ilmu bersifat teori yang mendukung mereka. Menjadikan mereka lebih yakin terhadap diri sendiri, selalu ingin berubah & berkembang merintis karier yang lebih cemerlang.

Tanda kelima, memiliki program public training lengkap dengan jadwal program info seminar 1 tahun

Menjadi training provider yang memiliki agenda training lengkap 1 tahun bukan pekerjaan yang gampang. Diperlukan effort yang besar untuk menjalaninya. Itulah menjadi penyebab tidak semua training provider indonesia mempunyai agenda seminar apalagi lengkap selama 1 tahun.

Dengan berjalannya public training menunjukkan integritas pelaksana pelatihan tersebut.


Tanda keenam, sudah memiliki banyak klien perusahaan ternama baik nasional maupun internasional.


Semakin banyak kliennya terutama perusahaan ternama maka semakin diakui pula kualitas training provider tersebut. Karena untuk memperoleh kepercayaan bukanlah hal yang mudah apalagi dari banyak perusahaan multi nasional. Terutama bagi provider in house training pemula.

Vendor Training yang khusus di bidangnya memperoleh kepercayaan dari berbagai perusahaan multi nasional karena 5 tanda diatas.

Nah dari keenam tanda di atas, sudahkah provider training Anda memilikinya? Bagaimana dampak perubahannya? Dan bila belum sesuai dengan harapan, waktunya mencari jasa pelatihan yang berkualitas.


ALC – pusat pengembangan leadership management Indonesia mempunyai sistem pengembangan peserta training secara berkala. Pendirinya adalah Ainy Fauziyah, seorang leadership coach & motivator Indonesia yang handal di dunia leadership. Motivator leadership Indonesia yang bertangan dingin ini, mampu mendirikan ALC dari lembaga kecil menjadi besar & paling baik di Indonesia.

Ainy Leadership Center yang juga dikenal ALC ini memiliki ALC Survey & ALC Development System.


ALC Survey memberi survey pada tiap peserta. Dan bentuk tanggung jawabnya ALC menjamin adanya perubahan pada peserta dan memberikan dampak pada kinerja serta produktifitas perusahaan.

Bukti perubahan peserta dinilai secara terukur dengan grafik dan summary. Memakai sistem online yang dapat dipercaya, langsung pada masing-masing peserta. Hasilnya disampaikan beserta nama para peserta termasuk poin-poin perubahan mereka.

ALC Development System, menjadi tempat berkembangnya para peserta training ALC yang telah mengikuti pelatihan. Secara konsisten dan berkala, langsung diberikan pada alumni. Tanpa ada batas waktu setiap satu minggu sekali. Biaya gratis.

Evaluasi ALC pada peserta dinilai secara sistematis & berkelanjutan. Sangat bermanfaat untuk talenta development mereka. Sekaligus mempermudah HRD / SDM dalam melihat perkembangan potensi yang dimiliki.

Biaya investasi training ALC dikenal ekonomis dengan hasil berkualitas. Kemampuan Anda dan tim meningkat.


Hubungi ALC Tim, Rini : 087779199555 saat ini. Temukan penawaran istimewa dari kami dibulan ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here