Inilah Cara Mengenal Diri Sendiri

 

Artikel-Motivasi-Diri-Ainy-Fauziyah-Inilah-Cara-Mengenal-Diri-Sendiri

 

Percaya tidak kalau saya bilang bahwa Tuhan menciptakan kita semua sebagai manusia yang hebat? Coba tulis definisi manusia hebat menurut Anda dibawah ini.

 

Manusia hebat adalah :
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………

 

Lalu pertanyaan berikutnya, jika Tuhan menciptakan kita semua sebagai manusia yang hebat, kenapa harus ada yang kaya-miskin / cacat-normal / cerdas-bodoh / rajin-pemalas / jujur-pencuri?

 

Jawabannya sederhana. Tuhan menciptakan kita semua untuk menjadi manusia yang hebat dengan dengan melalui proses belajar. Proses belajar tidak hanya dilakukan di bangku sekolah. Proses belajar dapat juga dilakukan dengan ‘melihat lingkungan di sekitar kita’.

 

Terus, apa hubungannya antara judul diatas mengenal diri sendiri dengan menjadi manusia hebat? Itu dia. Hubungannya erat sekali, ibarat kita berjabat tangan dengan seseorang yang kita kagumi, lengket.

 

Menurut Anda, apa sih pengertian ‘mengenal diri sendiri?’

Coba jawab pertanyaan itu menurut pengertian Anda.

Mengenal diri sendiri adalah :
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………………………

 

Wah, terima kasih Anda bersemangat menjawab pertanyaan tersebut. Yuk, sekarang kita coba bicarakan pengertian mengenal diri sendiri.

 

Begini, mengenal diri sendiri itu merupakan proses dialog dengan diri kita sendiri. Artinya? Ya, kita sedang berbicara dengan diri sendiri melalui pertanyaan-pertanyaan yang timbul dari diri kita sendiri.

 

Pada saat kita menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara jujur itulah yang disebut dengan mengenal diri sendiri.

 

Em, secara sekilas proses mengenal diri sendiri sih memang nampak sederhana. Tapi jangan salah lho. Untuk mengenal diri sendiri, Anda tidak dapat melakukannya secepat kilat.

Anda membutuhkan waktu khususnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tiba-tiba muncul.


Lalu, apa untungnya ‘Mengenal Diri Sendiri?’

Wah, banyak sekali lho keuntungannya. Salah satu keuntungan jika Anda mampu mengenal diri sendiri adalah Anda akan mengenal potensi/kelebihan diri Anda. Ketika Anda mampu mengenal potensi diri sendiri, saat itu secara tidak sadar akan merasakan kelebihan yang Anda miliki.

 

Ketika sadar akan kelebihan yang Anda miliki, apa yang Anda rasakan? Anda merasa hebat, bukan? Nah, sekarang Anda percaya bukan kalau Tuhan menciptakan kita sebagai manusia hebat?

Anda tertarik dengan artikel motivasi ini? Share yuk!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here